17 Des 2012

Karena Aku Ingin Menjadi Lebih Baik

Setiap kita pasti merindukan perubahan diri ke arah yang jauuh lebih baik. Banyak target dan rencana yang sudah dibuat, tapi mengapa perubahan itu tak jua terjadi. Masalahnya terkadang kita selalu menunggu momentum terbaik untuk berubah. Ada yang menunggu pergantian tahun, ada yang menunggu momen milad, bahkan ada yang menunggu hingga ramadhan berikutnya dan berbagai momentum lainnya.

Tapi ketika momentum itu hadir pun, kadang perubahan yang kita idamkan tak kunjung terjadi. Mengapa hal ini terjadi?
Sebenarnya tidak salah memanfaatkan suatu momentum tertentu untuk berubah. Misalnya seorang wanita yang ingin berjilbab, karena malu kalau mendadak berjilbab takut dikatakan sok sholeh, maka dia pergi dulu ke luar kota, sepulangnya dari sana dia sudah berjilbab. Diharapkan orang lain pun akan memakluminya. Atau seorang pemuda yang ingin merutinkan sholat berjamaah di masjid memanfaatkan momentum ramadhan, karena di bulan ramadhan sudah lumrah masyarakat sholat berjama’ah di masjid.

Tapi sobat, tahukah bahwa sebetulnya momentum terbaik untuk berubah selalu ada setiap hari. Bahkan di depan mata kita. Perubahan malam menjadi siang, siang berganti malam, itulah momentum terindah yang disediakan Allah SWT untuk hamba-hamba-Nya yang berniat memperbaiki diri secara terus menerus dan berkesinambungan (tidak mendadak berubah seperti Power Ranger: Berubah!!^_^).

Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur.” (Al Furqan: 62)

Subhanallah, telah berapa kali kita berkesempatan untuk berjumpa siang dan malam? Tentu sepanjang Allah memberi kita waktu di dunia ini. Ketika kita menjumpai pagi hari, tidak ada yang menjamin kita bertemu sore hari. Maka segeralah beramal selagi kita mempunyai kesempatan itu. Perubahan yang kita idamkan akan segera terwujud bila kita segera melaksanakannya setahap demi setahap pada setiap pergantian waktu siang dan malam yang Allah SWT sediakan untuk kita.

Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memegang pundakku dan bersabda, "Didunia ini, jadilah kamu seperti orang asing atau penyebrang jalan." Ibnu Umar ra berkata, 'Jika kamu di sore hari, jangan menunggu pagi hari; dan jika kamu di pagi hari, jangan menunggu sore hari. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum kamu sakit, dan waktu hidupmu sebelum kamu mati." (H.R. Bukhari)

Sahabat,
Hidup sekali, hiduplah yang berarti
Tiada waktu berlalu kan kusesali
Karena kuingin kita menjadi lebih baik

Oleh: Budi Riana, Web In Rumah Zakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak dengan sejuta manfaat yang memotivasyifa^_^

Dua beda

 Terkadang luka ada baiknya datang diawal. Agar kau tau bahwa hidup tak hanya tentang cinta.  Gemerlap dunia hanya persinggahan yg fana.  Me...