8 Jul 2012

Bercerminlah Dengan Khusyu'

"Bercerminlah dengan khusyu', maka kamu akan melihat diri sendiri..."

Kata-kata diatas saya petik dari kumpulan cerpen "Pohon Tumbuh tidak tergesa-gesa" karya Yus R. Ismail. Sungguh menarik bahasa sederhana itu yang sarat akan makna. Kenapa? Selami saja maknanya, Bercerminlah dengan khusyu' maksudnya lihatlah kedalam diri terlebih dahulu dengan sungguh-sungguh. Untuk hal apapun itu, baik untuk urusan ibadah, dakwah, ataupun hal-hal kecil lainnya. Lihatlah kedalam diri sebelum melihat sekitar. Intropeksi, selalu dan selalu terus menerus muhasabah diri. Karena sejatinya ucapan tanpa perbuatan hanyalah angan-angan kosong belaka. Kita melarang, kita pula yang melanggar larangan itu. Kita yang mengingatkan, kita pula yang lalai mengingatkan diri kita sendiri.

".... , Maka kamu akan melihat diri kamu sendiri.." Ya, tentu saja, jika kita khusyu' atau sungguh-sungguh melihat kedalam diri kita, selalu menghisab diri kita sebelum kelak kita dihisab maka kita pun akan tau siapa kita yang sesungguhnya. Seperti apa penilaian kita sendiri akan diri kita. Sehingga akan selalu berhati-hatilah kita dalam berkata-kata, dalam berbicara, dalam menyampaikan suatu argumen ke orang-orang disekitar kita. Karena sejatinya, apa yang kita katakan akan diingat oleh orang lain. Pun bisa menjadi Boomerang bagi diri kita sendiri.

Teringat dengan ucapan seorang teman yanga sangat antipati dengan dunia maya, pernah mengucapkan argumennya pada saya 
"Ukhti ngapain sih sering internetan didunia maya, frendsteran... (waktu itu lg jamannya Friendster) gak ada gunanya ukht, banyak mudharatnya. Ane sih gak mau buat akun2 di internet gitu. Kalau mau dakwah ya gak perlu disitu juga."

#Jleb
and Now.... saat jaman2nya fesbuk, sedikit kaget dengan hadirnya teman saya didunia perfesbukan ini. "Untuk Dakwah" katanya, saya kembali teringat dengan argumen beliau dulu tentang dunia maya. "Waahh...", istiqomah emang sulit. termasuk sama ucapan kita sendiri. Kalau saja argumen yang disampaikan sebelumnya bukanlah sebuah pertentangan tentu hal itu tidak akan menjadi penilaian yang "...." disaya. Namun saya mencoba berprasangka baik kepada beliau. ya... semoga, semoga beliau istiqomah dengan dakwahnya didunia maya, dan tak tersedot dalam pesona fesbuk atau dunia maya.

Wallaahu'Alam...

Sekali lagi, "Bercerminlah dengan khusyu, maka kamu akan melihat diri sendiri"


*Keep Istiqomah & Semangat Perbaikan
*Bercermin pada diri

2 komentar:

  1. http://www.dongengyusrismail.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Siip ^^
      Meluncuurr..

      Eh, ini yg nyamperin teh Bang Yus penulis ituu??
      Asiikk :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak dengan sejuta manfaat yang memotivasyifa^_^

Dua beda

 Terkadang luka ada baiknya datang diawal. Agar kau tau bahwa hidup tak hanya tentang cinta.  Gemerlap dunia hanya persinggahan yg fana.  Me...