22 Okt 2008

PROTECTIVE





Ibarat pasir… semakin digenggam maka pasirnya akan semakin lepas dari genggaman tanngan kita. Begitu juga dengan diri kita atas apa-apa yang kita miliki.
Jika kita terlalu protective pada diri sendiri atau apa-apa yang kita miliki, maka keadaan yang terjadi adalah kebalikan dari semua yang kita harapkan.
Nah..truzz kenapa protective itu ada pada diri kita??
Sifat ini ada karena kita terlalu menuruti hawa nafsu kita. Kita terlalu mementingkan EGO kita yang seringnya berpikir “Masa Bodoh” dengan orang lain, ga’ mau ambil pusing terhadap kondisi orang lain dan yang terpenting bagi kita adalah bahwa orang lain harus ngertiin kita. Bukan kita yang ngertiin orang lain. (wuiih..asli EGOIS!!! )
Nih ada beberapa ciri diri yang over Protective…
EGO….iisss !!!
Ni yang paling utama. Coz maunya menang sendiri. Pokoke yang lain harus ngalah teruuss,.. maunya dibantu tapi ga’ mau dibantu, maunya didengerin tapi ga’ mau dengerin orang lain.
Menganggap sesuatu Cuma milik diri sendiri. Ga’ ada yang boleh mengganggu gugat
Misalnya dalam berteman, kamu marah or ngerasa ga suka jika sohib kamu dekat dengan temanmu yang lain. Kamu kan merasajengkel, kesal, dll. Karna menurutmu, sohib kamu itu Cuma untuk kamu aja. Yang lain ga’ boleh dekat2. kecuali dalam radius 10meter..( ;)hehehe..ini siy berlebihan namanya)
Harus nuruti apa maunya diri ( banyakan nuntut..)
Misalnya, seorang temanmu menghilangkan barang kepunyaanmua yang dipinjamya kemarin. Lantas kamu minta ganti dengan barang yang sama persis. Mulai dari bentuknya, warnanya, dll deh, bahkan kalau bisa belinya harus ditempat yang sama. (gubraxzz…!!!#?@$%&*##!!)
Terlalu milih-milih
Lalu bagaimana menghilangkannya???
Protective yang berlebihan itu ada karna kurangnya ilmu kita. Terutama ILMU IKHLAS. Ke-EGOis-an kita sering menutup mata dan menutup telinga HATI kita..( yang sebenarnya dari situlah ikhlas itu berada ).
keIKHLASan hati kita dalam menerima kondisi apapun itulah yang diperlukan. IKHLAS menerima apa yang telah ditetapkan ALLAH atas apa yang terjadi pada diri maupun sesuatu disekitar kita. IKHLAS menerima oranng lain apa adanya, bukan “ada apanya”.
Dan hal yang terpenting adalah kita harus yakin bahwa semua hal yang aaada dan terjadi pada diri kita adalah sesuatu yang telah ditetapkan/ digariskan ALLAH pada kita.
Karna Langkah, Rezeki, Jodoh, Maut…semuanya udah dirancang dengan begitu Super Akurat oleh ALLAH yang MAHAMENENTUKAN.
Jangan pernah merasa BANGGA dengan sifat2 buruk yang kita miliki.
Jika kamu berkilah, Tapi kan semuanya butuh proses???
Benar. Segala sesuatunya memang butuh proses. Tapi, proses itu sendiri bergantung pada mau atau tidak mau diri kita, lebih tepatnya NIAT kita.
Coz Raasulullah bersabda;
“ Sesungguhnya segala perbuatan itu disertai niat. Dan seseorang itu diganjar sesuai dengan niatnya.” ( HR. Bukhari Muslim ).
Niat bukanlah sebuah bacaan atau mantra. Tetapi suatu perbuatan yang didalamnya terdapat kesadaran penuh yang mengalir.
Itulah niat!!!

Dalam persahabatan misalnya, sikap protective ini bukan membuat hubungan kamu semakin harmonis. Tapi malah sebaliknya.. sahabat2mu justru kan menjauh darimu. Karna ga’ betah di ikat dengan aturan-aturanmu yang memaksakan kehendak.
Tidak hanya terbatas pada persahabatan aja sih.. hal-hal lain juga akan berdampak seperti itu juga loh..
So…, apa kamu masih ingin bertahan dengan ke-Protective-an kamu??
Jangan ngaku “RASULULLAH QUDWATUNA” ( Rasulullah teladan kami)
Jika ternyata kamu masih memiliki sifat ini.
Coz Rasulullah sendiri ga’ pernah sama sekali meneladaninya kan???
Setelah Niat tadi…
Kuncinya Cuma 1; ISTIQOMAH
Ikhlas
Sabar, Syukur
Tawakkal, Tawadhu, Taqwa
Ikhtiar
Qona’ah
Optimmis
Muhasabah
Amanah
Hilm ( santun )

YuQz jadi muslim/ muslimah yang lebih baik lagi^_^
Medan, 20/9-18/10 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak dengan sejuta manfaat yang memotivasyifa^_^

Dua beda

 Terkadang luka ada baiknya datang diawal. Agar kau tau bahwa hidup tak hanya tentang cinta.  Gemerlap dunia hanya persinggahan yg fana.  Me...