26 Des 2007

banyak tanya.....

mau nanya tentang beberapa hal yang sudah jadi tradisi bangsa...

1. ketika ada orang meninggal, biasanya dirumahnya itu ada sebuah baskom yang berisi beras untuk tempat para takziyah meletakkan uang. pada zaman rasul dulu ada ga ya??dan hukumnya apa?? bukan kah itu termasuk kepada suatu hal yang berlebih2an atawa pemborosan??coz bagi org yg meletakkan uangnya maka beberapa butir beras diambil. hingga menyebabkan lama kelamaan beras tersebut berkurang.
2.bagaimana dengan penggunaan kembang untuk orang yang meninggal?? saya sering melihat adanya kapas yg nantinya akan digunakan si mayit tsbt dihiasi dengan beberapa kelopak bunga. ini budaya islam atawa hindu??
3. saya melihat di banyak majalah atau sejenisnya tentang penyebutan "kyai Haji" yg disingkat KH.., yang ingin saya tanyakan gelar "kyai" itu bagaimana cara memperolehnya??atau itu hanya sebutan dari manusia2 saja???
4.ada sebahagian orang yang selalu menanyakan...manhajnya apa??apa ini pertanyaan yang begitu penting??bukankah kita sama2 orang islam??utk pertanyaan tersebut sering membuat kita sbgi umat islam jadi terpisah...
hal tersebut sudah banyak saya jumpai dilingkungan kampus saya...karna perbedaan manhaj tersebut mereka seperti ada ruang pemisah,,,padahal sesama islam loh???
5. masalah musik, nyanyian dan sejenisnya....saya masih bingung.hal tersebut di benarkan apa ga dalam islam?? adakah dalil yang kuat yg bisa meyakini hati saya??jika memang tidak dibenarkan, bagaimana dengan nyanyian yang memuji asma ALLAH ,seperti nasyid dan sebagainya..???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak dengan sejuta manfaat yang memotivasyifa^_^

Dua beda

 Terkadang luka ada baiknya datang diawal. Agar kau tau bahwa hidup tak hanya tentang cinta.  Gemerlap dunia hanya persinggahan yg fana.  Me...